Selamat datang di Tugas Softskill 10111221, Ini adalah blog yang di khususkan untuk keperluan tugas softskill. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terutama saya sendiri. Selamat Membaca :) | Kunjungi Blog Pribadi Admin di Aditya Janata Blog. Terima Kasih :)

Selasa, 18 November 2014

Layanan Telematika


Layanan Telematika (Telematic Service) merupakan layanan sambungan langsung ke internet maupun ke semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika yang bersifat global. Layanan Telematika dewasa ini sudah banyak digunakan oleh pemerintah Indonesia untuk menunjang kebutuhan dan kenyamanan masyarakat. Contohnya dibuatnya beberapa website untuk menyalurkan aspirasi masyarakat terhadap salah satu institusi atau masalah yang sedang terjadi dalam internal sebuah institusi.

Layanan Telematika memiliki beberapa jenis, yaitu:
  1. Layanan Telematika di Bidang Informasi
  2. Layanan Telematika di bidang Keamanan
  3. Layanan Context Aware dan Event-Based
  4. Layanan Perbaikan Sumber
Mari Kita bahas satu persatu.

  1. Layanan Telematika di Bidang Informasi
  2. Layanan telematika di bidang informasi merupakan layanan yang mempermudah masyarakat untuk mengetahui informasi-informasi yang dibutuhkan. Contohnya dapat digunakan untuk memberantas kemiskinan, kesenjangan sosial, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Serta dapat juga dijadikan wadah untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat.
  3. Layanan Telematika di bidang Keamanan
  4. Layanan telematika telematika di bidang keamanan menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan tidak seharusnya. Layanan telematika juga dimanfaatkan pada sektor-sektor keamanan seperti yang sudah dijalankan oleh Polda Jatim yang memanfaatkan TI dalam rangka meningkatkan pelayanan keamanan terhadap masyarakat. Kira-kira sejak 2007 lalu, membuka layanan pengaduan atau laporan dari masyarakat melalui SMS dengan kode akses 1120. Selain itu juga telah dilaksanakan sistem online untuk pelayanan di bidang lalu lintas.
  5. Layanan Context Aware dan Event-Based
  6. Dalam ilmu komputer dinyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness. Layanan context-awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.
  7. Layanan Perbaikan Sumber
  8. Layanan perbaikan sumber (Resource Discovery Service) yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya. Salah satu contohnya adalah Yellow pages service.


Sumber 1
Sumber 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar