Selamat datang di Tugas Softskill 10111221, Ini adalah blog yang di khususkan untuk keperluan tugas softskill. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terutama saya sendiri. Selamat Membaca :) | Kunjungi Blog Pribadi Admin di Aditya Janata Blog. Terima Kasih :)

Selasa, 18 November 2014

Layanan Telematika


Layanan Telematika (Telematic Service) merupakan layanan sambungan langsung ke internet maupun ke semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika yang bersifat global. Layanan Telematika dewasa ini sudah banyak digunakan oleh pemerintah Indonesia untuk menunjang kebutuhan dan kenyamanan masyarakat. Contohnya dibuatnya beberapa website untuk menyalurkan aspirasi masyarakat terhadap salah satu institusi atau masalah yang sedang terjadi dalam internal sebuah institusi.

Layanan Telematika memiliki beberapa jenis, yaitu:
  1. Layanan Telematika di Bidang Informasi
  2. Layanan Telematika di bidang Keamanan
  3. Layanan Context Aware dan Event-Based
  4. Layanan Perbaikan Sumber
Mari Kita bahas satu persatu.

Senin, 03 November 2014

Handphone sebagai alat telematika


Handphone atau biasa disebut Telepon Genggam atau yang sering dikenal dengan nama Ponsel merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless)

Sebuah ponsel memungkinkan pengguna untuk membuat dan menerima panggilan telepon dari dan ke jaringan telepon publik yang meliputi ponsel lain dan telepon fixed-line di seluruh dunia. Hal ini dilakukan dengan menghubungkan ke jaringan seluler milik operator jaringan mobile. Fitur utama dari jaringan selular adalah bahwa hal itu memungkinkan panggilan telepon mulus bahkan ketika pengguna sedang bergerak di sekitar wilayah yang luas melalui proses yang dikenal sebagai handoff atau handover.